Soal - soal Esai Agama Kristen Kelas XI Semester 2 

 
1. Tuliskan pendapatmu, bagaimana caranya mengatasi godaan gaya hidup milenial khususnya gaya hidup konsumerisme.

Jawaban : Dengan menabung di bank sehingga uang dapat disimpan dengan baik, Membuat list anggaran belanja dalam kehidupan sehari hari serta memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting terlebih dahulu sehingga kita dapat menghemat dan tidak terpengaruh oleh gaya hidup konsumerisme

2. Semua orang memerlukan materi, yaitu uang dan harta kekayaan. Tetapi mengapa Alkitab menentang gaya hidup materialisme?

Jawaban : Karena dengan kita mementingkan uang dan harta kekayaan berarti kita sama saja menduakan Tuhan Pencipta Alam yang punya segala sesuatu sehingga kita jauh dari Tuhan dan tidak menerima berkat dari Allah.

3. Salah satu dampak perkembangan zaman di era milenial adalah dehumanisasi. Tuliskan pendapatmu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini.

Jawaban : Mengatasi dengan cara lebih menghargai dan menghormati keunikan keputusan serta keyakinan setiap individu, mengontrol tindakan, perkataan, dan bias memilih mana yang baik dan mana yang buruk, menjadi contoh yang positif bagi orang sekitar, selalu mengasihi setiap orang seperti mengasihi diri sendiri.

4. Tuliskan pendapatmu, bagaimana moderasi agama dapat menjadi salah satu solusi mengatasi banyak permasalahan individualisme dan egoism di era milenial ini

Jawaban : Dengan memperdalam ilmu agama maka individualisme dan egoism berkurang dan kita memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi terhadap orang – orang sekitar kita sehingga kita dapat memiliki negara yang agamis yaitu beranekaragam agama yang mengajarkan kebaikan.

5. Tuliskan 3 ( tiga ) contoh cara memanusiakan manusia di era ini, sehingga setiap orang dapat menghargai manusia sebagai ciptaan Allah.

Jawaban :
1. Dengan mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri sendiri
2. Menghargai setiap manusia dan rendah hati serta memperlakukan orang sekitar dengan sikap yang baik
3. Membuat peraturan yang bermanfaat bagi setiap manusia agar kehidupan
aman dan tentram.

6. Jelaskan pengertian dari manusia diciptakan sebagai makhluk sosial

Jawaban :
Manusia sebagai makhluk sosial adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya ,manusia tidak dapat hidup sendiri dan tidak dapat mencapai sesuatu yang diingkan dengan dirinya sendiri karena manusia menjalankan peranannya masing-masing dan saling mengkomunikasikan erasaan dan pemikirannnya,mereka sadar akan status dan posisi dirinya adalah kehidupan bersama serta tanggungjawab dan kewajibannya dalam kebersamaan.

7. Jelaskan kualitas hidup seorang murid Kristus

Jawaban :
Kualitas seorang murid Kristus terlihat didalam kehidupan setiap orang yang percaya padanya yaitu mempunyai tanggung jawab atas sesamannya dengan memperhatikan sesama dan saling menopang didalam Tuhan, selalu taat dan beriman dengan melakukan kehendak tuhan dan ikut kedalam pelayana,serta merendah diri dan bersedia mengutamakan orang lain supaya terlaksananya kehendak dan karya Tuhan di dalam dan melalui kita,berusaha sekuat tenaga untuk mengikuti teladan Yesus setiap hari.

8. Jelaskan tugas orang percaya sebagai bangsa yang terpilih

Jawaban:
Tugas orang percaya adalah harus berani menjadi saksi Kristus serta menginjil karena ini adalah perintah Tuhan (Mat 28 :19-20),dan hidup menjadi Garam dan Terang Dunia ( menjadi berkat ),Orang percaya harus membangun hubungan dengan orang yang belum percaya agar mereka dapat percaya dan mendapat keselamatan Didalam Yesus,Orang percaya harus mau melangkah yaitu dengan bertindak,melakukan kunjungan,menyampaikan Firman Tuhan kepada orang lain dan bersaksi kepada orang belum percaya,dan kita juga harus selalu berdoa kepada Tuhan.

9. Jelaskan “makna menjadi umat kepunyaan Allah”.

Jawaban :
Menjadi umat kepunyaan Allah artinya Harta Kesayangan Allah sendiri (Maleakhi 3:17),umat yang diselamatkan Allah dan diberkati oleh Allah Disetiap langkah kehidupannya,umat kepunyaan Allah tentunya menjadi pelayan Tuhan sendiri ,tidak sia-sia orang yang melayani Tuhan dan tidak sia-sia kita menabur di lading Tuhan.

10. Jelaskan tugas orang percaya sebagai bangsa yang kudus dalam kehidupan bersama orang lain.

Jawaban :
Harus saling menopang dalam kehidupan kita didalam kristus yesus ,saling mengingatkan dan menguatkan dalam kebersamaan didalam nama Tuhan Yesus,serta Menjadi Garam dan Terang Dunia ditengah-tengah kehidupan bersama dengan orang lain,hidup menurut kehendak Allah,Rela berkorban untuk memuliakan Tuhan,serta menyebarkan cinta kasih.

11. Jelaskan tanggung jawab orang percaya sebagai imamat yang rajani dalam kehidupan bersama orang lain.

Jawaban :
Bersedia mempersembahkan korban kepada Allah,bersedia untuk melayani Tuhan,meneladani Tuhan Yesus karena ia adalah Imam Besar Sorgawi,Bersedia untuk bersaksi,bersungguh-sungguh dan setia,dan juga siap menghadapi risiko apapun dalam pelayanan ,serta bertahan sampai akhir.

12. Jelaskan makna hidup sebagai garam dunia dalam kehidupan bersama orang lain.

Jawaban :
Memberi bantuan kepada orang dan mau membantu sesama yang lebih membutuhkan,selalu bersyukur kepada tuhan dalam setiap keaadan, jangan mengharapkan balas budi dari seseorang yang telah kita tolong.

13. Jelaskan makna hidup sebagai terang dunia dalam kehidupan bersama orang lain.

Jawaban :
Meneladani Tuhan Yesus dengan membaca Alkitab dan menerapkan hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan dan menjauhi apa yang tidak dikehendaki Allah,Mengasihi orang lain,serta mengampuni dan mendoakan mereka yang bersalah kepada kita,Kita harus berusaha menjadi Kasih bagi orang orang disekeliling kita.

14. Jelaskan makna menjadi terang dunia menurut Paulus.

Jawaban :
Menurut Paulus terang dunia itu berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,sertan berkenan terhadap Tuhan. Terang dunia juga suatu hikmah hidup Ini sebagaimana kristus telah diperintahkan kepada murid muridnya.

15. Jelaskan makna persahabatan Yonatan dan Daud sebagai teladan dalam kehidupan bersama orang lain

Jawaban :
Dalam Kisah Persahabatan Yonatan dan Daud terdapat makna yaitu tentang Tidak Berhianat Kepada Daud Jadi Teladan bagi kita adalah kita tidak boleh berhianat dengan sesama manusia karena berhianat sangat bertentangan dengan ajaran Tuhan Yesus Kristus .

16. Tuliskan pendapatmu tentang tanggung jawab sorang penolong yang Tuhan berikan kepada laki – laki

Jawaban :
Tuhan menciptakan perempuan sebagai seorang penolong untuk laki – laki karena tuhan ingin laki – laki mendapatkan pasangan yang sepadan agar tidak hidup sendiri serta bisa saling melengkapi dan menerima satu sama lain bahkan dapat saling bekerja sama dihadapan tuhan di dalam Kekudusan Allah

17. Deskripsikan pemahaman tentang ‘sakramen baptisan’ yang dilaksanakan di setiap gereja.

Jawaban :
Sakramen Baptisan merupakan pembasuhan manusia dari segala dosa dengan darah Kristus, terbebasnya kita dari dosa dan dilahirkan kembali menjadi putera puteri Allah sehingga kita meninggalkan kehidupan yang lama dan masuk ke dalam kehidupan baru, sakramen pembaptisan juga menandakan kita sudah melakukan pertobatan dan percaya dalam nama Tuhan Yesus yang berarti kita menjadi milik Kristus dan menerima karunai hidup baru sehingga dapat masuk kedalam kerajaan Allah.

18. Tuliskan tiga contoh cara keluarga menanamkan nilai – nilai Kristiani

Jawaban :
  1. Memberikan teladan kepada anak tentang nilai nilai kristiani dan menerapkan-nya didalam kehidupan sehari sehari
  2. Taat Beribadah ke gereja dan mengajak anak untuk ikut melayani didalam rumah tuhan dengan memasukkan anak kedalam kegiatan sekolah minggu
  3. Antara anggota keluarga saling terbuka dan mengakui kesalahan dan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik.
19. Tuliskan makna ‘menjadi satu daging’ dan berikan contoh cara menerapkannya

Jawaban :
Menjadi satu daging berarti merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipotong – potong atau dipisahkan dan tetap utuh yang artinya bukan lagi dua individu tetapi satu kesatuan disatukan oleh pernikahan yang kudus antara laki – laki dan perempuan.
Contoh cara menerapkannya dengan meninggalkan hubungan yang lama dan Bersatu dengan hubungan yang baru, maksud meninggalkan dan Bersatu disini yaitu lebih mengedepankan hubungan yang baru tetapi tetap menjaga hubungan yang lama. Dan hidup Bersama dengan pasangan didalam kesatuan yang sejati dan sempurna dalam nama Allah.

20. Mengapa Allah memberikan pasangan kepada setiap orang yang mengikuti dia?

Jawaban :
Karena Kasih Allah maka kita yang mengikuti Allah diberikan pasangan yang sepadan dengan kita, sehingga kita tidak hidup sendiri tetapi Bersama pasangan dalam melayani Allah dan akhirnya Allah memberkati hubungan setiap orang yang mengikuti Allah.