Pendapat Tentang Contoh Gotong Royong Dalam Menghadapi Virus Corona


pendapat saya bagaimana contoh gotong royong yang merupakan budaya bangsa Indonesia dalam menghadapi virus corona. 


Menurut pendapat saya bagaimana contoh gotong royong yang merupakan budaya bangsa Indonesia dalam menghadapi virus corona adalah penanggulangan wabah Corona membutuhkan kerja bersama, gotong royong, dari seluruh pihak; baik dari Pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, maupun pihak swasta seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi dan sehat, mengkonsumsi vitamin tambahan, rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar, membagikan masker, membagikan hand sanitizer, melakukan penyemprotan disinfektan, membagikan alat pelindung diri (APD) kepada rumah sakit, memberikan bantuan makanan kepada mereka yang wilayahnya terpapar virus corona, jika ada tetangga yang terkena gejala virus corona kita bantu menghubungi pihak rumah sakit. Masyarakat mengambil peran dalam ikut menjaga Kesehatan diri dan menjaga kebersihan diri di rumah, keluarga, lingkungan dan tempat umum, TNI dan Polri saling menjaga keamanan, mendukung praktek sosial distance (menjaga jarak antar individu) dan physical distancing (tidak bersentuhan fisik) dan mematuhi protokol penanganan wabah.

Selain itu, pertama. Gotong royong dalam mencegah penyebaran Covid-19. Caranya,masyarakat secara sadar dan aktif saling mengingatkan agar menjaga jarak, tidak bersentuhan fisik, menggunakan masker dan juga tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak serta kampanye kesehatan dengan mencuci tangan dengan sabun.

Kedua, gotong royong dalam hal membantu penanganan wabah ini. Mereka yang mampu secara ekonomi bisa membantu menyediakan alat pelindung diri atau alat kesehatan lain yang dibutuhkan rumah sakit. Tak hanya itu, individu yang memiliki keahlian di bidang kesehatan juga bisa menjadi relawan membantu sejumlah rumah sakit dalam menangani wabah ini.

Ketiga, katanya, gotong royong dalam membantu sesama warga masyarakat jika akibat wabah ini menyebabkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi warga lainnya, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari. 

”Pemerintah mendorong kepala daerah agar bisa memimpin dan mengoordinasikan di daerah sampai tingkat paling bawah,” kata Juri. seperti : 

Karantina Wilayah 
 
Di tengah upaya menghadapi Covid-19, muncul usulan agar Indonesia menerapkan karantina kewilayahan, bukan hanya penjarakan sosial (social distancing). Terkait hal itu, Juri mengatakan, keputusan karantina kewilayahan sebaiknya menunggu peraturan pemerintah (PP), yang saat ini tengah disusun sebagai turunan dari UU No 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.