Soal Soal Latihan Ujian Kenaikan Kelas/Penilaian Akhir Tahun Agama Kristen Beserta Jawabannya Kelas XI 2020


Selamat datang di postingan saya sobat pintar, kali ini saya akan share soal soal Agama Kristen XI terkait dengan Ujian Kenaikan Kelas atau yang sekarang kita sebut dengan Penilaian Akhir Tahun.Semoga bermanfaat untuk kalian, langsung saja kalian baca dan pelajari.

Pilihan ganda: pilihlah jawaban yang paling tepat! 
 
1. Keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat. Keluarga Kristen adalah persekutuan antara suami, istri dan anak. Keluarga Kristen dapat menjadi sebuah persekutuan dengan Kristus dan mengalami pembaruan Allah, apabila dibangun dengan cara ...
A. Rajin pergi ke gereja bersama seluruh keluarga
B. Menjadikan Allah sebagai pusat kehidupan keluarga
C. Memenuhi seluruh kebutuhan pendidikan anak – anaknya
D. Sering mengadakan rekreasi bersama keluarga ke tempat menarik
E. Bekerja keras agar dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga setiap hari

2. “Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang – ulang kepada anak – anakmu dan membicarakan apabila engkau duduk di rumahmu, apabila sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun”(Ul.6:6-7)
A. Mendidik anak sesuai perintah Allah
B. Mengadu kepada Allah kalau sudah lelah
C. Mencari bantuan jika tidak dapat mendidik sendiri
D. Tetap mendidik anak baik saat jauh maupun dekat
E. Mengabaikan pekerjaan lain karena harus mendidik anak
 
3. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Sekolah harus dapat mewujudkan cita – cita setiap peserta didik
2) Sekolah adalah lembaga tempat mendapatkan ilmu pengetahuan
3) Sekolah harus dapat mengembangkan bakat dan minat peseta didik
4) Sekolah tempat berlindung dari semua kekerasan dan tindak kejahatan
5) Sekolah adalah komunitas yang sangat luas sehingga dapat mencari jodoh
 
Peran sekolah sebagai lembaga pendidikan yang penting dalam kehidupan masa kini
terdapat pada nomor ...
A. 1 dan 2  D. 3 dan 4
B. 2 dan 3  E. 4 dan 5
C. 3 dan 5
 
4. Keluarga Yahudi mengutamakan pengajaran Taurat kepada anak – anak yang dilakukan setiap saat di berbagai kesempatan, dan dilakukan dengan berulang – ulang. Hal ini sesuai firman yang disampaikan Allah kepada Musa yaitu...
A. Keluarga melakukan pendidikan tanpa gangguan pihak lain
B. Anak – anak hanya diperbolehkan belajar Taurat Yahudi saja
C. Keluarga Yahudi tidak menerima pendidikan di luar keluarga
D. Keluarga menjadi satu – satunya wadah pendidikan bagi anak
E. Keluarga menempatkan Allah sebagai pusat kehidupan keluarga
 
5. Sekolah menjadi lembaga pendidikan yang penting bagi kehidupan masa kini. Sekolah turut bertanggung jawab memberikan pembelajaran yang menyiapkan anak – anak mengahadapi tantangan zaman dan kehidupan yang akan datang. Sekolah melaksanakan kegiatan belajar intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Setiap anak telah diberikan Tuhan kemampuan yang berbeda – beda dan tugas sekolah, yaitu...
A. Mengarahkan anak pada pilihan yang sesuai dengan kebutuhan zaman
B. Mengembangkan semua kemampuan anak agar memiliki keahlian hidup
C. Mendidik anak dengan pengetahuan yang diperlukan untuk masa depannya
D. Memerdekakan anak dari kebodohan dan kemiskinan di masa yang akan datang
E. Menyediakan pilihan – pilihan yang akan memenuhi kebutuhan dalam masyarkat

6. Keluarga Marni dan Arman sering bertengkar hanya karena masalah sepele. Kebiasaan ini menumbuhkan nilai – nilai buruk dalam diri Anton yang menjadi pribadi dengan karakter yang ...
A. Suka mengalah     C. Minder dalam bergaul     E. Suka mengejek teman
B. Suka memberontak   D. Sombong karena harta
 
7. Pendidikan di dalam keluarga Kristen adalah landasan bagi pendidikan lainnya yang akan di terima oleh anak – anaknya. Oleh karena itu harus dilaksanakan berdasarkan ...
A. Kasih  C. Alkitab  E. Kesepakatan
B. Tujuan  D. Cita – cita
 
8. Keluarga Pak Untung membesarkan ketiga anaknya dalam pendidikan keagamaan Kristiani
yang baik melalui cara ...
A. Membangun emosi yang sehat
B. Menanamkan budaya tradisional
C. Memberikan kasih sayanng dan kehangatan
D. Membangun persekutuan keluarga di dalam Tuhan
E. Memenuhi kebutuhan pendidikan dengan baik
 
9. Untuk membentuk watak dan karakter kristiani yang benar di dalam diri remaja Kristen keluarga harus memberikan pembekalan kepada anaknya, yaitu ...
A. Pendidikan sesuai usia
D. Pendidikan Karakter
B. Pendidikan usia dini
E. Pendidikan nilai – nilai Kristiani
C. Pendidikan formal
 
10. Agar Yosia dapat bertumbuh menjadi remaja Kristen yang menghargai sesamanya, sekolah mendukung pembentukan karakter dengan cara ...
A. Menerapkan disiplin yang baik
B. Menanamkan bidu pekerti
C. Menumbuhkan rasa percaya diri
D. Membina kedamaian dengan baik
E. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler
 
11. Sekolah yang mengembangkan kebudayaan dalam pembentukan karakter kristiani akan mengembangkannya berdasarkan ...
A. Situasi sekolah    C. Kurikulum sekolah    E. Nilai – nilai Pancasila
B. Kebutuhan Sekolah     D. Nilai – nilai Kristiani
 
12. Abdi menunjukkan perilaku budi pekerti luhur yang menyenangkan hati pada guru dan menyukai hati Tuhan. Abdi dapat menunjukkan hidup yang demikian karena ia memiliki ...
A. Pemahaman budi pekerti yang baik
B. Hati yang tulus pada siapa pun
C. Hati yang takut akan Tuhan
D. Bakat untuk menjadi orang baik
E. Pendidikan yang baik dari keluarga
 
13. Allah memerintahkan kepada orang Israel untuk mengajarkan tentang siapakah Allah yang menuntun mereka keluar dari Mesir dan membawa ke tanah Kanaan. Tempat pendidikan yang utama adalah ...
A. Sekolah    C. Sinagoge    E.Keluarga sendiri
B. Bait Allah     D. Ibadah Rumah

14. Pak Sugiarto dapat dijadikan teladan oleh Dinda, anaknya, jika ia berperilaku benar. Yang tidak boleh dilakukan oleh Pak Sugiarto sebagai kepada keluarga Kristen adalah ...
A. Mengizinkan Dinda menonton film
B. Memfasilitasi Dinda belajar di luar rumah
C. Menegur Dinda karena pulang terlambat
D. Menegur istrinya di depan orang banyak
E. Membiarkan Dinda merasakan akibat kelalaiannya
 
15. Ibu Winda diperlakukan tidak adil oleh tetangganya, tetapi ia tidak pernah berniat membalasnya. Sebaliknya, Ibu Winda tetap memberikan bantuan ketika tetangganya itu mengalami musibah. Sikap ini memberikan teladan kepada Cindy, anaknya agar memiliki buah roh dari Kristus, yaitu ...
A. Insipirator    C. Kemurahan    E. Damai Sejahtera
B. Motivator    D. Kerendahan hati
 
16. Febrina adalah remaja Kristen yang ramah dan selalu memanfaatkan kesalahan orang lain. Febrina memiliki nilai – nilai tersebut karena orangtuanya memberikan teladan dengan cara...
A. Membesarkan dengan penuh kasih sayang
B. Memasukkan Febrina ke asrama
C. Memberikan pergaulan yang sehat
D. Menyekolahkan di sekolah terbaik
E. Memenuhi semua keperluan anak
 
17. Sebagai pengawas, orangtua harus menegur jika Ronaldo melakukan kesalahan, bahkan memberinya sanksi sesuai disiplin di dalam keluarga.Alkitab mengingatkan jika marah tidak boleh melakukan hal berikut ...
A. Memukul sebagai hukuman
B. Marah sampai matahari terbenam
C. Membangkitkan amarah di hati anaknya
D. Menghukum sampai anak bertobat
E. Membiarkan jika tidak mau diatur
 
18. Orangtua yang takut akan Tuhan dan bergantung sepenuhnya pada pimpinan Tuhan akan menunjukkan sikap berikut ...
A. Memberikan kebebasan kepada anak agar bergaul dengan siapa saja
B. Menerapkan disiplin sehingga semua anggota keluarga menaatinya
C. Menyediakan semua permintaan anak agar keinginannya terpenuhi
D. Menyerahkan anak – anak kepada sekolah berasarama agar anaknya belajar disiplin
E. Menyuruh anak – anak ke gereja sendiri meskipun orangtua tidak sempat
 
19. Teladan yang ditunjukkan oleh orangtua kepada anak – anaknya akan menjadi gambaran tentang ...
A. Siapakah allah bagi manusia
B. Keselamatan yang dikerjakan Yesus
C. Kokohnya iman Kristen dalam keluarga
D. Jaminan keselamatan bagi keluarga
E. Rencana Allah pada masa depan
 
20. Remaja Kristen memasuki usia yang sangat labil untuk menemukan jati dirinya sendiri. Di dalam pergaulannya remaja sangat rentan terhadap ...
A. Pengaruh teman sebaya 
B.Pengaruh tawaran iklan
C.Pengaruh orangtua
D.Pengaruh tuntutan zaman
E.Pengaruh masyarak sekitar
 
21. Agar Dito mengambil keputusan yang sesuai nilai – nilai kristiani, orangtuanya harus mendidiknya berdasarkan ...
A. Situasi masyarakat
B. Tuntutan pendidikan
C. Kebutuhan di rumah
D. Kebenaran Alkitab
E. Tingkat pendidikannya
 
22. Pendidikan di sekolah diharapkan dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk menambah ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk ...
A. Memberikan peluang untuk berprestasi
B. Membangun jiwa kepemimpinan
C. Mengembangkan semua keahlian remaja
D. Mempersiapkan masa depan yang baik
E. Menanamkan budi pekerti luhur
 
23. Yang dapat dijadikan figur untuk memahami kasih Kristus di dalam hidup manusia adalah orangtua. Untuk dapat menjadi figur yang benar, orangtua haruslah ...
A. Belajar kitab suci
B. Melayani dengan setia
C. Hidup takut akan Tuhan
D. Memenuhi semua kewajiban
E. Memahami kebutuhan anaknya
 
24. Pendidikan keagamaan dan susila Yahudi diberikan sejak usia dini. Tujuannya adalah ...
A. Mendidik manusia sesuai tradisinya
B. Mencerdaskan kehidupan bangsa Yahudi
C. Mendahulukan Laki – laki daripada perempuan
D. Mengajarkan perilaku hidup kudus sejak dini
E. Menanamkan tradisi Yahudi sejak usia dini
 
25. Alkitab telah mengajarkan bahwa pendidikan sangat penting diberikan kepada ...
A. Semua laki – laki Yahudi
B. Anak – anak sejak usia dini
C. Semua masyarakat Yahudi
D. Calon ahli Taurat dan Farisi
E. Para pelaku pendidikan formal
 
26. Kegiatan yang dilakukan gereja untuk meneliti Kitab Suci yang diikuti oleh anggota jemaat pada saat ibadah adalah ...
A. Sekolah Minggu    C. Sekolah Teologi    E. Penelitian Alkitab
B. Retret pemuda/i    D. Pembinaan Warga
 
27. Ketika Tuhan Yesus berusia 12 tahun dan duduk bersoal jawab dengan para ahli Taurat di
Bait Allah, Tuhan Yesus sedang memenuhi kewajibannya, yaitu ...
A. Melafalkan hukum Taurat
B. Sudah diizinkan menikah
C. Menaati peraturan hukum Yahudi
D. Sarana untuk mengenal Kitab Suci
E. Menjadi guru bagi murid – murid-Nya
 
28. Alkitab mengajarkan bahwa pendidikan setara dengan ibadah. Hal ini ditunjukkan melalui...
A. Pendidikan pada masa usia 5 – 30 tahun
B. Fokus pendidikan pada pengajaran Taurat
C. Pendidikan dilaksanakan di sinagoge
D. Pelaksanakan pendidikan adalah para ahli Taurat
E. Keluarga adalah tempat pendidikan yang utama
 
29. Pendidikan dimulai dari keluarga. Tokoh yang sejak kecil diserahkan oleh ibunya untuk belajar Taurat di rumah Tuhan adalah ...
A. Paulus    C. Timotius    E. Yohanes
B. Samuel    D. Petrus
 
30. Pendidikan yang sesuai dengan ajaran Alkitab adalah pendidikan yang menekankan pada ...
A. Kedewasaan pribadi
B. Tugas seorang Yahudi
C. Kehidupan orang Yahudi
D. Pengulangan janji Allah
E. Penanaman nilai agama
 
31. Pengajaran yang diberikan dengan cara yang berulang – ulang mulai usia 5 tahun hingga usia dewasa penuh, 30 tahun, tidak hanya menekankan hasil, tetapi merupakan ...
A. Pendidikan kehidupan
B. Penanaman tradisi
C. Pembentukan Pribadi
D. Pendidikan proses
E. Pembentukan watak
 
32. Seorang anak akan bertumbuh menjadi pribadi yang baik dengan nilai – nilai yang benar apabila di dalam keluarga ia menerima ...
A. Kasih sayang    C. Disiplin ketat    E. Pendidikan proses
B. Tradisi lisan    D. Pendidikan nilai

33. Setelah dewasa, seorang anak biasanya menentukan pilihannya sendiri. Agar Calvin menentukan pilihan yang benar sesuai iman Kristen, yang harus dilakukan orangtuanya adalah ...
A. Santai saja karena pasti Calvin tidak punya pilihannya sendiri
B. Membiarkan Calvin tumbuh dan memilih sendiri untuk dirinya
C. Mendiktekan semua yang harus dipilih oleh Calvin
D. Menyekolahkan agar Calvin berpendidikan tinggi
E. Menyediakan lingkungan iman Kristen yang benar bagi Calvin
 
34. Peletakan dasar iman Kristen yang kokoh dapat dilakukan sejak usia dini dengan cara ...
A. Berdoa, membaca Alkitab dan bersekutu
B. Disekolah di sekolah swasta yang mahal
C. Menitipkan anak di sekolah Alkitab
D. Membelikan banyak buku cerita Alkitab
E. Memfasilitasi anak untuk pergike gereja

35. Sekolah yang mengembangkan kebudayaan dalam pembentukan karakter kristiani akan mengembangkannya berdasarkan ...
A. Situasi sekolah         D. Nilai – nilai Kristiani
B. Kebutuhan sekolah  E. Nilai – nilai Pancasila
C. Kurikulum sekolah
 
36. Pusat pendidikan nilai di dalam keluarga adalah Allah. Sekolah mengajarkan nilai – nilai melalui pendidikan agama Kristen dan budi pekerti dengan memperlihatkan ...
A. Ajaran – ajaran gereja
B. kebutuhan peserta didik
C. Tujuan pendidikan agama
D. Hukum yang sedang berlaku
E. Kurikulum yang ditetapkan sekolah
 
37. Berikut adaah contoh hasil pendidikan iman yang benar di dalam keluarga.
A. Ananias dan Safira bersehati membawa persembahannya kepada Rasul Petrus
B. Ester berdoa puasa dan menghadap Raja Ahasyweros meskipun melanggar hukum.
C. Anak – anak Ayub mati, harta kekayaannya habis, istri meninggalkannya, karena Ayub
setia.
D. Saudara- saudra Yusuf membenci Yusuf karena Yakub lebih mengasihinya daripada
anak yang lain
E. Yakub melarikan diri ke tempat pamannya agar tidak dibunuh oleh Esau yang marah
karena Yakub menipunya.
 
38. Keluarga adalah tempat perjumpaan anggota keluarganya dengan Kristus, bertumbuh dan hidup di dalam Kristus setiap saat. Hal ini terjadi jika keluarga memenuhi kebutuhan anggotanya dengan cara ...
A. Membangun persekutuan keluarga dengan Kristus
B. Mengadakan kesepakatan untuk saling mengasihi dan mendukung.
C. Memenuhi semua kebutuhan khususnya untuk kebutuhan pendidikan
D. Membuka hubungan yang luas dan baik dengan orang lain di luar keluarga
E. mendahulukan kepentingan lembaga gereja daripada kepentingan keluarga
 
39. Pak Agus sangat sibuk dengan usaha dan bisnisnya sehingga nyaris tidak punya waktu untuk anak dan istrinya. Untuk membayar waktu yang tersita karena pekerjaan, Pak Agus memberikan semua kebutuhan dan keinginan istri dan anak – anaknya. Perlakuan ini memudahkan mereka mendapatkan apa saja yang diinginkan. Pola asuh seperti ini mengakibatkan anak – anak Pak Agus bertumbuh menjadi anak – anak yang ...
A. Mudah berbagi  D. Mudah bergaul
B. Kurang belajar  E. Sayang keluarga
C. Kurang mandiri
 
40. Kemajuan modern memberikan banyak kemudahan kepada semua orang termasuk dalam hal komunikasi. Komunikasi verbal di dalam keluarga tergantikan oleh komunikasi melalui media dan alat komunikasi lainnya. Menghadapi tantangan ini, keluarga Kristen harus menjaga agar komunikasi verbal tetap berjalan baik dengan cara ...
A. Menemani anak – anak belajar  D. Ada waktu bersekutu bersama
B. Menyediakan kebutuhan anak   E. Makan bersama di luar rumah
C. Pergi berlibur dengan anak – anak

41. Perhatikan lima pandangan gereja terhadap kebudayaan berikut ini:

1) Antagonis: menolak kebudayaan
2) Akomodasi: menerima kebudayaan
3) Dominasi: menguasai (mengatur) kebudayaan
4) Dualisme: memisahkan kehidupan kebudayaan dan gereja
5) Pengudusan: menguduskan kebudayaan untuk kemuliaan Tuhan

Contoh sikap gereja yang mengakomodasi kebudayan adalah ….
A. Menghindari penggunaan hasil budaya
B. Kehidupan gereja harus berada di luar gereja
C. Menggunakan Bahasa daerah dalam ibadah Minggu
D. Mengatur hukum adat dan tata cara pelaksanaan adat
E. Mendoakan hasil budaya agar tidak menjadi media Iblis

42. Ulang tahun adalah bertambahnya usia seseorang yang merupakan bukti pemeliharaan Allah. Sudah wajar jika menaikkan ucapan syukur atasnya. Namun seringkali terjadi, pesta ulang tahun diwarnai dengan pesta pora, meskipun pada awalnya dimulai dengan ibadah syukur bersama anggota jemaat. Ini masih menjadi budaya hingga saat ini. Sikap gereja terhadap budaya tersebut adalah ….

A. Tidak ikut campur karena itu adalah acara keluarga
B. Melayani ibadah syukur, namun menolak hal-hal yang menentang Alkitab
C. Mengacuhkan kebiasaan tersebut karena kebudayaan masyarakat sulit diubah
D. Mengikuti kebiasaan yang sudah menjadi budaya masyarakat agar gereja diterima
E. Melarang ucapan syukur ulang tahun dan tidak melayani permintaan ibadah syukur

43. Cermati pemanfaatan IPTEK di bawah ini!

1) Menggunakan jaringan internet untuk membangun persatuan bangsa
2) Menyebarkan paham-paham radikalisme kepada remaja secara daring
3) Multimedia untuk sarana belajar tanpa harus berkumpul di satu tempat
4) Mengembangkan bisnis dari rumah tanpa harus meninggalkan anal-anak
5) Pendeta tidak menyiaplam khutbah cukup membacakan tulisan orang lain di internet

Yang merupakan pemanfaatan IPTEK secara benar berdasarkan Alkitab ditunjukan pada nomor ….
A. 1 dan 2 C. 2 dan 3 E. 4 dan 5
B. 1 dan 5 D. 3 dan 4

44. Kitab Mazmur 150 mengajak segala yang bernapas memuji Tuhan. Oleh karena itu, semua pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan, ilmu pengetahuanm, seni dan teknologi harus diperuntukkan bagi kemuliaan Allah. Remaja Kristen memenuhi ajakan ini apabila ….
A. Mengembangkan dengan sikap takut akan Tuhan.
B. Memisahkan ilmu pengetahuan dari kehidupan rohaninya.
C. Mengkhususkan waktu-waktu tertentu hanya untuk Tuhan.
D. Memanfaatkan untuk kepentingan keluarga dan pribadinya.
E. Menggunakan secara maksimal dalam kehidupan pribadi.

45. Allah memberikan akal budi kepada manusia untuk hidup dalam budayanya. Tugas berbudaya adalah kudus dari Allah namun tercemar karena ….
A. Dosa manusia
B. Keserakahan manusia
C. Ketidaktahuan manusia
D. Kecerobohan manusia
E. Kemajuan hidup di dunia

46. Orang Israel mempunyai tradisi untuk menyunat setiap anak laki-laki pada hari kedelapan. Pada akhirnya sunat menjadi syarat bagi orang Yunani yang menjadi Kristen di Efesus. Ini menunjukkan bahwa dengan budaya manusia juga dapat ….
A. Meningkatkan status sosialnya
B. Mengelompokkan diri sendiri
C. Berkuasa atas sesamanya
D. Menunjukkan identitas dirinya
E. Jauh dari kehendak Tuhan

47. Kebudayaan yang dapat menghambat pertumbuhan iman orang percaya kepada Kristus berikut ini adalah ….
A. Adat pernikahan
B. Pembebasan budak
C. Pernikahan saudara
D. Penyembahan berhala
E. Adat istiadat Yahudi

48. Kehidupan iman bertumbuh bersama kebudayaan yang terus berkembang. Berikut adalah kehidupan manusia yang terlepas dari kebudayaan, yaitu ….
A. Pernikahan Raja Ahab dan Izebel
B. Penyembahan berhala di Israel
C. Keselamatan di dalam Yesus Kristus
D. Jemaat Korintus dituntut hidup kudus
E. Jemaat Athena di antara mezbah berhala

49. Hasil kebudayaan manusia yang ada hubungannya dengan rohani yang benar di hadapan Allah adalah ….
A. Istana Raja Herodes yang mewah
B. Kemah suci di padang gurun
C. Lembu sepi di kaki gunung
D. Menara Babel karya anak-anak Nuh
E. Kuil Baal orang Filistin

50. Hasil kebudayaan manusia yang mempunyai hasil pemberontakan manusia kepada Allah adalah ….
A. Lembu sapi yang terbuat dari emas
B. Tembok Yerussalem yang dibangun kembali
C. Pembacaan kitab Taurat oleh Ezra
D. Pernikahan antara Rut dan Boas di Israel
E. Kemah suci yang didirikan oleh Musa

51. Salomo mendirikan Bait Allah yang indah sebagai wujud ketaatannya kepada Allah. Pendirian Bait Allah ini dilakukan berdasarkan ….
A. Permohonan seluruh rakyat Israel
B. Kemasyhuran Raja Salomo
C. Keinginan Raja Daud, ayahnya
D. Rancangan Allah
E. Kemajuan budaya saat itu

52. Semua ilmu pengetahuan dan teknologi canggih yang berkembang saat ini dapat terjadi karena Allah telah mengaruniakan kepada manusia ….
A. Insting C. Akal budi E. Pengetahuan
B. Perasaan D. Kebudayaan

53. Bahtera yang dibangun oleh Nuh dapat bertahan menghadapi hujan deras, angin badai dan air bah, karena dibangun berdasarkan ….
A. Perhitungan seorang arsitek
B. Pengetahuan manusia purba
C. Petunjuk yang diberikan Tuhan
D. Karya ajaib seorang malaikat
E. Peristiwa supernatural saat itu

54. Menara Babel yang didirikan oleh anak cucu Nuh menggambarkan ….
A. Munculnya orang pandai
B. Kuasa Allah atas keluarga Nuh
C. Hubungan yang akrab dengan Tuhan
D. Pengetahuan mereka yang tinggi
E. Berkuasanya manusia atas alam semesta

55. Kebiasaan Abraham untuk mendirikan mezbah bagi Allah di setiap tempat di mana ia berkemah adalah unsur budaya yang menunjukan adanya ….
A. Konsep tentang alam
B. Konsep tentang manusia
C. Konsep tentang hidup
D. Konsep tentang mati
E. Konsep tentang Allah

56. Upeti yang dipersembahkan oleh Abraham kepada orangtua Ribka pada saat bujangnya melamar Ribka untuk Ishak merupakan suatu kebudayaan manusia yang menggambarkan ….
A. Kehidupan social
B. Kehidupan beragama
C. Manusia telah berkuasa
D. Pentingnya pernikahan
E. Pentingnya ahli waris

57. Perubahan budaya penyampaian firman Tuhan secara lisan menjadi tulisan dan saat ini dengan mudah dapat ditemukan dalam berbagai bahasa merupakan bagian dari ciri-ciri kebudayaan yang bersifat ….
A. Geografis C. Historis E. Kontemporer
B. Industri D. Permanen

58. Bekerja bukanlah akibat dosa, melainkan penerapan dari mandat kebudayan yang diberikan Allah kepada manusia, yaitu ….
A. Beranakcuculah di muka bumi
B. Berikanlah nama pada binatang
C. Beritakanlah damai sejahtera
D. Memelihara dan mengusahakan
E. Jangan raba buah pohon pengetahuan

59. Kerajaan teknologi tidak selalu bertentangan dengan ajaran Iman Kristen. Tetapi generasi milenial perlu bersikap ….
A. Menerima kemajuan apa pun
B. Mengikuti perkembangan zaman
C. Mengisolasi diri dari pengaruh teknologi
D. Kritis dalam menilai dan menentukan pilihan
E. Memilih yang cocok dengan kegiatan sehari-hari

60. Generasi milenial dapat berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sikap positif, apabila menunjukkan perilaku seperti ….
A. Mengutamakan kepentingan kesejahteraan hidup manusia
B. Tekun belajar sehingga mendapatkan nilai yang sangat bagus
C. Rajin menghadiri seminar-seminar keilmuan dan membacanya
D. Peduli terhadap para ilmuan sehingga mengikuti gaya hidupnya
E. Melakukan percobaan-percobaan untuk mengatasi berbagai masalah

61. Teknologi canggih menggantikan tenaga manusia dengan alasan efisiensi sesungguhnya merupakan tindakan yang mengakibatkan angka pengangguran meningkat naik secara drastis. Ada perlakuan yang tidak sesuai dengan Alkitab sehubungan dengan tindakan ini sebab ….
A. Merendahkan penghargaan terhadap manusia
B. Menurunnya kualitas dan kuantitas produksi
C. Pola pikir manusia berkembang dengan pesat
D. Budaya individualistis berkembang dengan cepat
E. Kemajuan digunakan untuk pelayanan gerejawi

62. Kemajuan ilmu pengetahuan menuntut sumber daya manusia yang memadai. Tetapi jika hanya memusatkan diri pada ilmu pengetahuan, manusia ciptaan Allah akan mengalamai ….
A. Kemajuan teknologi canggih
B. Hidup sesuai kemajuan zaman
C. Perubahan yang berarti dalam hidup
D. Banyaknya kemudahan dan hemat
E. Hidup jauh dari persekutuan Tuhan

63. Gambaran bahwa manusia mengabaikan tugasnya untuk memelihara dan mengusahakan alam semesta sebagaimana diperintahkan Tuhan terlihat dari sikap hidupnya, yaitu ….
A. Meningkatkan kualitas prestasi
B. Senang dengan komunitas/grup
C. Mengembangkan sumber daya
D. Digunakan untuk kepentingan sendiri
E. Mencelakai orang lain karena dendam

64. Contoh gaya hidup remaja yang terseret ke dalam gaya hidup modern adalah ….
A. Mementingkan hasil akhir
B. Seorang menjelaskan segalanya
C. Menaati prosedur administrasi
D. Sabar menunggu waktunya tiba
E. Meluangkan waktu untuk bercanda

65. Gaya hidup instan berpengaruh pada kehidupan rohani yang terlihat melalui sikap manusia, yaitu ….
A. Meminta pertolongan Tuhan
B. Cepat menyebut ayat kitab suci
C. Cepat berdoa kalau ayah tidak ada
D. Minta doa segera dijawab Tuhan
E. Selain berdoa harus berusaha keras

66. Budaya hidup remaja modern yang tidak dikehendaki oleh Allah adalah ….
A. Merayakan pesta ulang tahun
B. Menghadiri pernikahan teman
C. Kompromi dengan teman baiknya
D. Berteman dengan yang tak seiman
E. Ke gereja karena banyak masalah

67. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia bisa menjadi pribadi yang merasa tidak membutuhkan Tuhan. Ini terlihat melalui sikap nya ….
A. Mengabaikan Tuhan dalam segala rancangannya
B. Bekerja keras agar hasil usahanya berhasil
C. Memilih pekerjaan sesuai dengan profesi
D. Meningkatkan diri agar tetap didokumentasikan
E. Mengembangkan diri secara professional

68. Sikap manusia yang menjauhkan diri dari Tuhan akan bertumbuh dengan tindakan demikian ….
A. Mengganti tenaga manusia dengan mesin
B. Mengidolakan ilmu pengetahuan modern
C. Menganut pola hidup sehat dengan olahraga
D. Terbiasa bergerak cepat, tepat, dan alkitabiah
E. Mengembangkan diri secara professional

69. Kebudayaan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia termasuk dalam hubungan dengan Tuhan, sebab ….
A. Manusia hidup di dalam budaya
B. Kebudayaan adalah ciptaan Tuhan
C. Tuhan menugaskan manusia untuk berbudaya
D. Kebudayaan itu kudus bagi Tuhan
E. Semua kebudayaan adalah prestasi

70. Kebudayaan menyangkut seluruh karya dan prestasi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ini berarti bahwa ….
A. Kebudayaan adalah prioritas hidup
B. Kebudayaan memengaruhi keyakinan
C. Kebudayaan bukanlah hal yang utama
D. Kebudayaan tidak memengaruhi iman
E. Kebudayaan dipengaruhi oleh keyakinan

71. Budaya yang dianut seseorang atau sekelompok masyarakat akan nampak dalam tindakannya. Contohnya ….
A. Mendoakan keluarganya yang sedang sakit
B. Melepaskan kebudayaan dari hidup rohani
C. Menciptakan budaya yang sesuai Alkitab
D. Mengembangkan budaya untuk kemasyhuran
E. Menutup pintu rumah pada saat magrib

72. Gereja tidak dapat berkembang terlepas dari kebudayan. Oleh karena itu, gereja harus menyikapinya dengan cara ….
A. Memilih sesuai kebenaran Alkitab
B. Menghilangkan semua yang salah
C. Menentang pengelola kebudayaan
D. Menciptakan kebudayaan yang baru
E. Menguasai kebudayaan berkembang

73. Pada suatu acara pernikahan, tua-tua adat memimpin pesta pernikahan adat, sedangkan pendeta memberkati pada pernikahan kudus di gereja. Kedua sisi ini berjalan damai sebagai bentuk dari sikap ….
A. Dualisme C. Akomodasi E. Pengudusan
B. Dominasi D. Antagonis

74. Gereja yang menganut paham dominasi akan menunjukkan sikap sebagai berikut ….
A. Memusatkan perhatian pada budaya
B. Menghindari urusan dengan budaya
C. Menguasai dan mengendalikan budaya
D. Mendampingi budaya agar tidak salah
E. Memantau perkembangan kebudayaan

75. Pak Nuel membakar semua tempayan dan hasil kerajinan tangan dari kebudayaan sukunya sendiri. Ia menganggap bahwa semua itu najis. Pak Nuel mewakili orang-orang Kristen yang bersikap ….
A. Antagonis C. Dominasi E. Akomodasi
B. Dualisme D. Pengudusan

76. Pak Anton memimpin anggota jemaatnya di gereja untuk melaksanakan upacara adat. Ini dilakukan agar kebudayaan tidak tercemar dosa. Sikap gereja yang menguasai dan mengendalikan kebudayaan ini termasuk dalam sikap ….
A. Antagonis C. Dominasi E. Akomodasi
B. Dualisme D. Pengudusan

77. Banyak orang Kristen pada hari Minggu beribadah kepada Tuhan di gereja, tetapi pada waktu sakit berdoa dan juga mencari kesembuhan kepada dukun. Ini adalah sikap ….
A. Antagonis C. Dominasi E. Akomodasi
B. Dualisme D. Pengudusan

78. Paulus menegur jemaat di Galatia sebab mereka beribadah dan percaya kepada Kristus, namun masih juga menerima ajaran lain di luar Kristus. Paulus mengecam sikap ini sebab mereka ….
A. Mendua hati
B. Melupakan Tuhan
C. Melalaikan rencana
D. Memonopoli ajaran
E. Merancang kejahatan

79. Tujuan orang Kristen yang benar dalam mengembangkan ilmu pengetahuan adalah ….
A. Memenuhi kebutuhan hidup manusia
B. Mendapat banyak keuntungan bagi manusia
C. Menerima penghargaan atas prestasinya
D. Mendapatkan pengakuan dunia atas prestasinya
E. Menolong dan memudahkan pekerjaan manusia

80. Tugas yang diberikan Allah terhadap manusia untuk mengusahakan dan memelihara taman mengandung pengertian bahwa ….
A. Manusia harus bekerja keras seumur hidupnya
B. Bumi yang diolah akan mengeluarkan semak
C. Dengan berpeluh manusia akan mencari makan
D. Mengolah alam dalam sikap takut akan Tuhan
E. Bekerja keras meskipun belum tentu berhasil