PROBLEM SOLVING REMAJA


APERSEPSI

Masa remaja adalah masa transisi dimana individu mengalami perubahan fisik,psikis maupun sosial, remaja menemukan kesulitan dalam penyesuaian diri dan sosial yang disebabkan karena lingkungan menganggap remaja bukan anak-anak dan belum saatnya di anggap dewasa (Hurlock, 1994).

Ketidakmampuan remaja untuk mengatasi masalahnya menurut cara yang mereka yakini, menyebabkan banyaknya remaja yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari (Hurlock,1994).

PENGERTIAN MASALAH DAN KELUHAN
Masalah dapat digambarkan sebagai suatu keadaan (terlihat atau tidak terlihat) dimana antara yang diharapkan dengan kenyataan tidak sesuai.
Keluhan merupakan akibat dari masalah yang tidak jelas atau tidak teratasi/tidak terselesaikan.

PROBLEM SOLVING

Problem solving sama artinya dengan pemecahan masalah. Problem solving adalah suatu pendekatan dalam menghadapi masalah. Problem solving juga merupakan suatu prosedur yang di dalamnya terdapat langkah-langkah yang harus diikuti dalam memecahkan sebuah masalah yang dihadapi seseorang sebagai perorangan atau seseorang sebagai pemimpin organisasi atau anggota organisasi.

SUMBER MASALAH

    • diri sendiri (internal)
    • kecerdasan, bakat, fisik, nilai, kepribadian, keterampilan belajar dan sebagainya.
    • dari luar diri (eksternal)


      PROBLEM SOLVING DALAM KESULITAN BELAJAR

      Masalah dan kesulitan belajar” -> Sebagai tantangan -> memerlukan: kreativitas, wawasan luas, pemikiran dan imajinasi -> untuk membelajarkan seseorang atau siswa, beberapa masalah mungkin memerlukan perhatian ekstra, sebab pada kenyataannya sesuatu yang menantang untuk seseorang belum tentu merupakan tantangan bagi orang lain.

      LANGKAH –LANGKAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH
      • Merumuskan masalah yang akan dipecahkan
      • Menganalisa sebab-akibat dari masalah
      • Menghimpun berbagai alternatif pemecahan
      • Memilih alternatif yang paling tepat
      • Melaksanakan pilihan dalam bentuk kegiatan terencana