1. Pandangan orang tua/wali pada jurusan TKJ?

    Pandangan orang tua pada jurusan TKJ yaitu jurusan yang saya ambil di bangku SMK adalah jurusan yang bisa membantu anak mereka memahami ilmu komputer yang saat ini sangat dibutuhkan dibidang pekerjaan apa saja, sehingga mereka berpandangan bahwa jurusan TKJ dapat memberikan anak mereka kesuksesan yang diperoleh dari mudahnya mendapatkan pekerjaan di zaman era digital ini.

    Orang Tua juga memandang jurusan TKJ sebagai jurusan yang mampu mengajarkan anak mereka lebih mandiri dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada, mereka melihat ini karena didalam jurusan TKJ sering terjadi permasalahan - permasalahan seputar jaringan yang penyelesaiannya cukup rumit namun akhirnya dapat diperbaiki oleh anak mereka.

       Jurusan TKJ adalah jurusan yang sangat tepat dan sangat baik untuk anak mereka di zaman era digital ini karena peluang lapangan kerja masih sangat banyak, dan ilmu yang diperoleh dari jurusan TKJ sangat bermanfaat untuk banyak sekali orang, sehingga orang tua berfikir bahwa jurusan TKJ membawa banyak manfaat untuk anak mereka.

2. Pandangan teman-teman dilingkungan/teman main tentang jurusan TKJ?

    Jurusan TKJ menurut teman - teman saya adalah jurusan yang sangat keren karena mereka berpandangan bahwa jurusan TKJ lebih memperdalam ilmu komputer sehingga mengerti banyak hal yang tidak mereka mengerti dan mereka juga memandang anak tkj bisa melakukan peretasan atau menjadi hacker sehingga mereka sangat berhati - hati pada jurusan TKJ  dan menurut mereka apa yang mereka tidak bisa mengenai jaringan komputer dan sistem komputer  serta juga menjadi hacker sangat keren.

    Namun, mereka juga memandang jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat rumit, karena segala hal yang dipelajari sangat mendetail dan sangat sulit memahaminya, mereka juga berfikir bahwa jurusan tkj dapat memperbaiki segala macam alat elektronik "padahal hal itu tidak benar", didalam pekerjaan jurusan TKJ juga harus sangat berhati - hati karena kesalahan kecil bisa menjadi kesalahan yang fatal menurut teman saya.

    Selain itu, jurusan TKJ menurut mereka juga dapat melakukan banyak hal mulai dari mendesain foto, membuat banner, membuat game, serta juga membuat animasi yang sangat menghibur, mereka mengibaratkan Jurusan TKJ sangat multi talent dapat melakukan banyak hal diberbagai bidang yang berkaitan dengan era digital saat ini.

3. Harapan masuk jurusan TKJ apa?

    Harapan saya masuk jurusan TKJ adalah untuk mengerti segala macam hal yang berhubungan dengan ilmu komputer sehingga mampu mempermudah hidup saya di era digital sekarang ini, mampu menjadi pribadi yang mandiri dengan menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi,dan semoga segala ilmu yang saya dapatkan dapat bermanfaat untuk orang lain dan dapat membantu mereka didalam era digital ini.

    Saya berharap bahwa dapat mempelajari desain grafis, editing video, sistem jaringan, dan pembuatan website yang nantinya akan sangat berguna untuk saya setelah lulus dari jurusan TKJ.

    Saya juga berharap bahwa dengan masuk jurusan TKJ saya dapat mempelajari ilmu yang dapat membawa saya menuju kesuksesan sehingga membahagiakan kedua orang tua saya.